PTPYQ 2 Muria

Terwujudnya Hafidhah Qur'ani 'Amali, Unggul dalam Prestasi, Berkarakter Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Tak Berkategori

Kembangkan Bakat Santri, Yanbu Muria Gelar Pelatihan Jurnalistik

Kudus- Dalam rangka mengembangkan bakat potensi santri di bidang tulis menulis, Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria mengadakan kegiatan Latihan Dasar Jurnalistik (LDJ). Kegiatan ini diikuti oleh santriyah mulai dari kelas VII- XI Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah di lingkungan PTPYQ 2 Muria.

Dalam pembukaannya dihadiri oleh Abah, KH. Nur KHamim, Lc. M.Pd., Selaku pengasuh pondok sekaligus membuka acara LDJ. Selanjutnya, Ustadz Ahmad Zainuri, M.Pd.I, Kepala MTs TPYQ 2 Muria, dan narasumber dari tim Suara Nahdliyin, yakni; Ustadz Qomarul Adib, Ustadz Rosidi, Ustadz Muhammad Farid, serta Ustadz Ade Achmad Ismail.

Ustadz Ahmad Zainuri, dalam sambutannya menuturkan bahwa, kesempatan mengikuti LDJ ini sangat berharga, oleh karena itu santriyah dapat mengikuti dengan sebaik- baiknya. Pada kesempatan ini, santriyah dilatih menulis berita, artikel, etika jurnalis dan lain sebagainya.  

“Banyak sekali sejarah- sejarah yang menuliskan tentang para jurnalis, diantaranya, Ibnu Batutah, Marcopolo dan lain sabagainya. Harapan kami kedepan, ada majalah versi digital, bulletin digital, produk- produk digital dan menulis tanpa plagiasi,” tuturnya.

Sementara itu, di majelis yang sama, Abah Khamim, juga menuturkan bahwa bidang literasi harus dikuasai oleh santri. Beliau mengaitkan bidang literasi dengan Kitab suci Al- Qur’an. Di dalam Al- Qur’an ada dua jenis ayat yakni; (1) Ayat Kitabiyah, dimana tanda kebesaran Allah secara tertulis di dalam  Al- Qur’an. (2) Ayat Kauniyah dimana tanda kebesaran Allah bersifat Kauni. Dengan cara membaca fenomena- fenomena yang ada sebagai sumber ilmu.

“Terima kasih kepada tim suara nahdliyin yang sudah bersedia menjadi narasumber. Selanjutnya acara pembukaan LDJ secara resmi dibuka dengan pembacaan surat Al- Fatihah,” tuturnya.(Fid/ Ar)

Penulis: Zaim Fida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *