PTPYQ 2 Muria

Terwujudnya Hafidhah Qur'ani 'Amali, Unggul dalam Prestasi, Berkarakter Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Tak Berkategori

Final Pemilihan Duta Bahasa PTPYQ 2 Muria 2023

Duta Bahasa Tahun 2023
Kudus- Euforia acara Pekan Bahasa di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria adalah pemilihan duta bahasa. Duta bahasa terbagi dalam dua kategori yakni Duta Bahasa Arab (safirat al Lughah) dan Duta Bahasa Inggris (Queen of English) pada jenjang MTs dan MA.
Prosesi pemilihan duta bahasa dimulai dari tes tertulis sebagai Ujian pengetahuan Bahasa baik Bahasa Arab maupun Bahasa Inggris pada hari pertama. Total peserta dari duta Bahasa Arab dan Bahasa Inggris masing- masing 18 santriyah. Selanjutnya, akan dipilih 2 finalist dari babak penyisihan untuk maju ke babak Semi Final.
“Peserta yang lolos pada babak semi final 12 orang, selanjutnya mereka mengikuti babak Semi Final di atas panggung. Teknisnya adalah finalist masuk berjalan lewat tengah-tengah audience untuk naik ke atas panggung. Selanjutnya dewan juri memberi pertanyaan kepada setiap peserta dan di jawab secara langsung menggunakan Bahasa Arab maupun Bahasa Inggris. Setelah itu akan dipilih 8 finalist grand final untuk masuk ke babak terakhir untuk memperebutkan mahkota Duta Bahasa.” ungkap Ustadzah Aulia Zuyyina Ulfah selaku Ketua Steering committee dalam acara pekan bahasa (9/6).


Berdasarkan dari penilaian dewan juri, ada 4 peserta yang di tetapkan sebagai duta Bahasa Arab dan Bahasa Inggris baik di tingkat MTs dan MA. Untuk di tingkat MTs duta Bahasa Arab diraih oleh santriyah bernama Azzahra Rahima Rihadatul Aisy, sedangkan duta Bahasa Inggris diraih oleh santriyah atas nama Firdah Azizah. Sedangkan untuk jenjang MA, duta Bahasa Arab diraih oleh santriyah atas nama Arsyada Uraifah, sedangkan duta Bahasa Inggris oleh santriyah atas nama Khansa Nurasyida Arumaitsa.
“Rencananya duta bahasa yang terpilih baik Bahasa Inggris maupun Bahasa Arab nantinya akan menjadi penggerak bagi para santriyah untuk aktif berbahasa dalam kegiatan sehari- hari selama di pondok,” jelasnya.
Sementara itu berkaitan dengan cabang lomba, Ustadzah Aulia panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa acara pekan bahasa di tahun ini ada 7 cabang lomba. Tujuh cabang lomba tersebut masing- masing berbahasa Arab dan Inggris terdiri dari: Pidato, Debat, Bercerita, Guess who/ what, kontes menyanyi, dan cipta lagu, drama dan Duta Bahasa.

Pengasuh Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria, KH. Nur Khamim, Lc, M.Pd., menuturkan bahwa para santriyah harus berusaha mencintai bahasa, karena jika sudah cinta maka tidak ada kesulitan. Salah satu caranya dengn menerapkan Bahasa Arab- Inggris dalam percakapan sehari- hari. (fid)

Reporter: Zaim Fida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *