PTPYQ 2 Muria

Terwujudnya Hafidhah Qur'ani 'Amali, Unggul dalam Prestasi, Berkarakter Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Berita

Sinergitas KKG BK di Lingkungan Arwaniyah

KUDUS- Dalam rangka meningkatkan kinerja dan pengabdian ustazd-ustadzah utamanya bidang Bimbingan Konseling yayasan Arwaniyah mengadakan kegiatan Kelompok Kerja Guru Bimbingan Konseling (KKG BK) dan Keamanan.

Forum KKG BK ini sangat bagus untuk menjalin sinergitas di lingkungan Arwaniyah. Selain itu forum ini juga sebagai ajang untuk mengidentifikasi masalah, mencari solusi secara bersama dengan tanpa menimbulkan masalah. Hal ini disampaikan oleh KH Nur Khamim Lc, selaku pengasuh Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria (25/07).

“Dengan meningkatkan kinerja dan pengabdian ustadz/ ustadzah di pondok unit/ cabang arwaniyah, semoga kita senantiasa mendapat keberkahan dari al qur’an dan simbah KH Arwani Amin,” tutur abah Khamim, panggilan akrabnya saat memberikan sambutan dalam forum KKG BK dan keamanan.

Abah Khamim juga menambahkan, tema yang diangkat dalam KKG BK dan keamanan juga sangat bagus, yakni “Penanganan perilaku Bullying dan Ghosob dengan pendekatan Konseling”. Bullying sendiri ini ada beberapa jenis yakni secara verbal, non verbal dan psikis.

Di dalam al Qur’an sudah ada, yakni surat at Taubah ayat 79

الَّذِينَ يَلْمِزُونَ الْمُطَّوِّعِينَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ فِي الصَّدَقَاتِ وَالَّذِينَ لَا يَجِدُونَ إِلَّا جُهْدَهُمْ فَيَسْخَرُونَ مِنْهُمْ ۙ سَخِرَ اللَّهُ مِنْهُمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Masih banyak lagi ayat- ayat yang berkaitan dengan bullying baik secara verbal, non verbal dan psikis.

“Sebagai usulan dalam forum ini, ada tim yang mengeksplorasi ayat-ayat al Qur’an dan Al Hadist berkaitan dengan tema yang diangkat. Dan Secara detail tentang kasus bullying akan dikaji lebih lengkap oleh narasumber,” tutur abah Khamim.

Dalam sambutan beliau Abah Khamim juga menyampaikan terima kasih kepada para tamu yang telah hadir dalam acara KKG BK dan Keamanan. Selain itu beliau juga menyampaikan permohonan maaf kepada segenap tamu undangan apabila dalam penyambutan ada kekurangan dan kekhilafan.

Sementara itu, ditempat yang sama Drs. HM. Didik Hartoko, MM., selaku perwakilan dari yayasan arwaniyah pusat menyampaikan apresiasi yang sangat bagus dengan adanya forum KKG BK dan Keamanan di lingkungan Arwaniyah.

“Dengan adanya forum ini, diharapkan masalah-masalah yang muncul di semua unit dapat ditangani dengan baik. Tugas BK adalah menangani kasus dengan cara konseling,” paparnya.

Beliau menambahkan, dalam penanganan kasus anak, BK dapat mendeskripsikan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, sehingga anak dapat mengambil keputusan terhadap masalah yang dihadapi. Dalam hal ini akan dibahas bersama narasumber yakni Ibu Ida Rahmawati, S.Pd.,Kons.

“Tentunya ada perbedaan antara BK dan Guru mapel dalam menafsirkan masing-masing anak. Karena pada dasarnya setiap manusia itu unik,” imbuhnya. (fid)

One thought on “Sinergitas KKG BK di Lingkungan Arwaniyah

  • Emilda Novarita

    Saya sangat setuju dng hal yg mjd pembahasan yaitu soal bullying.
    Krn efek dari bullying itu sangat mengerikan buat psikis anak.
    Anak saya pun mengalami bullying lewat ucapan2 n kalimat2 yg diucapkan sang pembully
    Sampe2 anak saya tidak mau mendengar nama anak tsb ,bahkan sempat minta dijemput, gk mau mondok lagi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *