PTPYQ 2 Muria

Terwujudnya Hafidhah Qur'ani 'Amali, Unggul dalam Prestasi, Berkarakter Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Tak Berkategori

SALEP HERBAL ALA PTPYQ 2 MURIA

KUDUS– Santriyah Madrasah Tsanawiyah Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria (MTs TPYQ 2 M) membuat salep herbal dari Lidah Buaya. Salep ini berfungsi sebagai pertolongan pertama pada gangguan kulit diantaranya, gatal- gatal, terkena luka, selain itu juga dapat melembabkan kulit.

Kandungan dalam salep yang dibuat diantaranya; lidah buaya, vitamin E dan essense. Manfaatnya cukup banyak. Selain menyembuhkan gatal- gatal, salep tersebut juga bisa membunuh bakteri jahat yang ada pada kulit. Hal ini disampaikan oleh Ustadzah Mumpuni Sumiwi Rahayu, S.Pd., selaku pendamping peminatan riset.

“Karena ini herbal, jadi tidak ada efek sampingnya, sehingga aman digunakan para santri, “ ungkap ustadzah Wiwi, panggilan akrabnya.

Dia juga menambahkan, tujuan dari pembuatan salep tersebut adalah karena para santriyah ini masih berusia remaja, sehingga kulit masih dalam masa pertumbuhan. Maka sebaiknya menggunakan bahan- bahan alami, supaya tidak ketergantungan pada bahan- bahan yang mengandung kimia.

“Untuk pembuatannya cukup mudah. Anak-anak cukup membutuhkan waktu sekitar 45 untuk membuat salep. Untuk masa kedaluwarsanya sekitar satu minggu. Tetapi kalau di masukkan ke dalam kulkas bisa lebih dari satu minggu,” katanya.

Adinda Raisya, salah satu santriyah kelas 9C yang mengikuti peminatan riset menjelaskan bahwa, pembuatannya cukup mudah. Pertama, Lidah buaya di kupas kulit bagian bawah dan dikeluarkan resin berwarna kuning sekitar 10 menit. Selanjutnya dambil dagingnya untuk di blender dengan menambahkan vitamin E 400 IU. Kedua, tambahkan essense sekitar 3 tetes, kemudian diblender. Setelah itu dipindahkan di wadah dan masukkan ke dalam wadah salep yang telah di sediakan.  

“Karena ini produksinya Cuma sedikit, maka satu salep digunakan untuk dua- tiga santri,” imbuhnya.(fid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *