PTPYQ 2 Muria

Terwujudnya Hafidhah Qur'ani 'Amali, Unggul dalam Prestasi, Berkarakter Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

BeritaInformasiTak Berkategori

Arwaniyah Sambut Tahun Baru Hijriyah dengan Launching Pendirian Ma’had Aly

Kudus- Dalam menyambut tahun baru 1443 Hijriyah Yayasan Arwaniyah Launching pendirian Ma’had Aly fi al Qur’an wa ‘Ulumih Yanbu’ul Qur’an. Hal ini didasarkan adanya kebutuhan pendidikan formal di tingkat perguruan tinggi.  

Pendirian Ma’had Aly ini didasari karena keinginan untuk membumikan al Qur’an dalam ranah yang lebih luas baik dalam pendidikan non formal maupun formal  di semua jenjang pendidikan hingga perguruan tinggi . Hal ini disampaikan oleh KH. Nur Khamim Lc, M.Pd., selaku pengasuh pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria.

“Diantara yang melatar belakangi pendirian Ma’had Aly ini adalah adanya kebutuhan pendidikan tinggi di bidang ulumul quran bagi santri Yanbu’ sebagai upaya untuk mencapai visi misi Yanbu’ul Qur’an. Dalam bahasa lain yakni kebutuhan masyarakat akan Hamalatul Qur’an ‘ilman wa ‘amalan dzohiran wa bathinan,” tuturnya saat ditanya di ruang kepala Madrasah Aliyah Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria(9/8).

Poin yang kedua beliau menjelaskan bahwa Ma’had Aly ini sudah punya payung resmi dari pemerintah yang pada akhirnya lulusan ma’had aly disejajarkan dengan starata satu. Selanjutnya, poin ketiga yayasan Arwaniyah masih ada peluang untuk mendirikan Ma’had Aly, meskipun dalam satu kabupaten ada dua Ma’had Aly namun beda jurusan.

“Di Kudus sudah ada Ma’had Aly TBS yang menempati urutan ke 27 di Indonesia. Saya belum tahu persisinya untuk Ma’had Aly fi al Qur’an wa ‘Ulumih Yanbu’ul Qur’an ini menempati urutan yang ke berapa. Insyaallah akan Launching resmi pada 1 Muharram besok,” tuturnya.

Berkaitan dengan lokasi yang akan digunakan Yayasan Arwaniyah akan menempatkan Ma’had Aly di dekat pondok Pusat. Hal ini dimaksudkan supaya ada kekuatan relasi batin antara mahasantri dengan Yanbu’ul Qur’an.

“Sementara untuk kualifikasi mahasantri saat ini akan difokuskan untuk santri yang sudah berdomisili di Yanbu’ pusat minimal 3 tahun. Yakni santri aktif dan Khidmah di Yanbu’ul Qur’an Putra, minimal SMA/ sederajat dan telah menyelesaikan hafalan minimal 20 juz kepada Romo KH Ulil Albab Arwani,” tuturnya.(fid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *