PTPYQ 2 Muria

Terwujudnya Hafidhah Qur'ani 'Amali, Unggul dalam Prestasi, Berkarakter Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah

Tak Berkategori

Siswa MTs TPYQ 2 Muria Daur Ulang Limbah Kertas

Kudus– Dalam rangka mengurangi limbah sampah, siswa MTs Tahfidh Putri Yanbu’ul Quran 2 Muria mengolah limbah kertas tidak terpakai menjadi kertas siap pakai. Kertas yang di daur ulang adalah kertas HVS dari kantor guru dan dari beberapa kelas yang sudah tidak terpakai.

Menjelaskan: Ustadzah Wiwi sedang menjelaskan cara membuat daur ulang limbah kertas

Daur ulang kertas ini caranya cukup mudah. Pertama, kertas yang sudah di kumpulkan kemudian di blender. Kedua, setelah di blender kemudian dituang ke dalam wadah dan disaring. Ketiga, setelah disaring kemudian dituangkan ke dalam wadah cetakan yang sudah di sediakan dengan alas kain flannel. Hal ini dikatakan oleh Ustadzah Mumpuni Sumiwi Rahayu, S.Pd., selaku pendamping peminatan riset.

“Selanjutnya dijemur di bawah terik matahari. Biasanya kalau kondisinya panas, sehari bisa jadi. Tetapi kalau mendung, membutuhkan waktu lebih dari sehari,” imbuhnya.

Tabur Benih: Daur ulang kertas setelah dimasukkan ke cetakan wadah kemudian ditaburkan benih biji bayam

Sementara itu, unstadzah Mushowwifah, M.Pd., yang juga merupakan pendamping peminatan riset menambahkan bahwa, kertas ini juga diberi biji-bijian diantaranya, biji bayam, biji sawi dan lain sebagainya.

Rencananya ketika kertas daur ulang tersebut ketika sudah tidak terpakai dan dibuang maka bisa mengahsilkan tanaman sesuai biji yang di tanam. Harapannya dengan kegiatan ini anak-anak dapat pengalaman baru terkait sampah yang dapat di daur ulang. (fid)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *