IMG-LOGO
Flash News :
Profil

Mu’ammar Ramadhan, Penjaga Ideologi

oleh Admin - 1 detik yang lalu Dilihat 53 kali 0 Komentar
IMG

Maarifnujateng.or.id - Mu’ammar Ramadhan namanya. Ia lahir di Pemalang 14 Maret 1976. Pria berkacamata yang pernah nyantri di Pondok Pesantren al-Amin Mranggen tahun 1992 sampai dengan tahun 2004 dan lulus Madrasah Aliyah Futuhiyyah-1 lulus tahun 1995 ini dikenal sebagai sosok penjaga ideologi.





Setelah boyong dan lulus dari Futuhiyyah-1, ia kemudian menyelesaikan kuliah di Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang (lulus 2001), program magister hukum Islam di IAIN Walaisongo Semarang (lulus 2006) dan Magister Pendidikan Agama Islam di Universitas Wahid Hasyim Semarang (lulus 2016). Sekarang sedang menempuh program doktor Islamic Studies UIN Walisongo Semarang.





Sehari-hari beraktivitas sebagai kepala MI Asy-Syarifah Kendaldoyong Petarukan Pemalang dan mengajar di STIT Pemalang. Pernah mengajar di Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang tahun 2004-2007, STIK Kendal 2007-2010, dan editor di Pustaka Pelajar Yogyakarta.





Penulis aktif di  LP POM MUI Jawa Tengah sejak tahun 2005-sampai sekarang, aktif di LP Maarif NU Jawa Tengah, PCNU Kab. Pemalang dan Gerakan Pemuda Ansor Kab. Pemalang.





Keikutsertaannya di kepengurusan LP Ma’arif PWNU Jateng 2018-2023, menjadikan ia dapat urun rembuk dalam perumusan kurikulum Ke-NU-an. Sebagai tim, ia banyak mengritisi banyak hal terkait kurikulum Ke-NU-an. Hal itu ia buktikan dalam keikutsertaannya dalam penulisan kurikulum, buku maple Ke-NU-an dan sebagai pemateri Diklat Ke-NU-an yang diikuti para guru Ke-NU-an se Jawa Tengah.





Sejumlah karya ilmiah telah ditulis baik buku, jurnal, maupun penelitian. Di antaranya adalah: a) Buku Teks “Al-Qur’an dan Hadis untuk Madrasah Diniyah Takmiliyah (2015); b) Pendidikan Politik ala Pesantren, (Rafi Sarana Perkasa 20016); c) Buku Teks Sejarah Kebudayan Islam MI kelas V (Kemenag RI, 2020), dan d) Buku Teks Ke-NU-an (Asna Pustaka, 2020).  Sekarang tinggal di Kendalrejo Rt 04 Rw 01 Petarukan Pemalang. (adm/hi).




Sumber dari Website LP Maarif PWNU Jawa Tengah

List Komentar

Tulis Komentar

Email Anda tidak ditampilkan dipublik. Semua wajib diisi.